Histats.com © 2005-2010 Privacy Policy - Terms Of Use - Powered By Histats Hitoolbar Fee

Visit my awesome photo's galleries, click here
Tautan ke google.com silahkan klik disini
Your Ad Here

Senin, Maret 28, 2011

Bab 1 PI dengan Joomla

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan Internet begitu pesat sehingga mempermudah seseorang untuk dapat mengakses berbagai macam informasi salah satunya adalah bidang Pendidikan tujuannya untuk menunjang segala aktivitas disekolah. Begitu juga dengan system web sekolah yang akan penulis buat, tujuannya untuk mempercepat proses kegiatan-kegiatan disekolah.
Penulis disini membuat suatu web dengan latar belakang Sekolah Menengah Atas Yayasan Pondok Pesantren Depok yang berisi Search, Sambutan Kepala Sekolah, Profil Sekolah, Biodata Kepala Sekolah, Home, Struktur Organisasi, Rencana Program, Profil Siswa, Staff Pengajar, Prestasi, Galery Photo, Fasilitas & Kegiatan, Berita, Guest Book, Contact Us, Weblinks, Downloads.
Tentunya akan lebih sulit dan memakan waktu bagi orang tua yang akan mendaftarkan anak-anaknya dan bagi para calon siswa dan siswi yang ingin mengunjungi sekolah-sekolah tersebut melalui kendaraan umum. Untuk itu penulis mencoba membuat program aplikasi web sekolah dengan menggunakan Joomla 1.0.12 yaitu web berbasis Content Management System (CMS) dan bersifat opensource yang berarti kode sumber aplikasi yang dapat diakses, dilihat, dan dimodifikasi oleh umum sesuai dengan aturan yang ditentukan.
Harapan Penulis membuat web sekolah ini adalah untuk menambah informasi bagi kalangan pengguna jasa Internet khususnya dan masyarakat luas pada umumnya dan para calon siswa & siswi dapat mempersingkat waktu untuk melihat ruang lingkup sekolah yang pada akhirnya memberikan kenyamanan karena lebih efektif dan efisien.
1.2 Ruang Lingkup
Pembuatan Website Sekolah dengan menggunakan Joomla 1.0.12 yang memperkenalkan tentang Search, Sambutan Kepala Sekolah, Profil Sekolah,
1
2
Biodata Kepala Sekolah, Home, Struktur Organisasi, Rencana Program, Profil Siswa, Staff Pengajar, Prestasi, Gallery Photo, Fasilitas & Kegiatan, Berita, Guest Book, Contact Us, Weblinks dan Downloads. Dalam hal ini penulis membahas sebatas pada tahap perencanaan, desain halaman web, pembuatan dan fungsi-fungsi yang akan diuraikan pada Joomla, proses pembuatan HTML telah dilakukan secara otomatis.
1.3 Tujuan
Pada penulisan ilmiah ini penulis membuat sebuah aplikasi halaman Web yang berisi informasi dan perkembangan sekolah.
Adapun maksud dari penulisan ini adalah untuk membantu seseorang yang ingin mengetahui lebih banyak kondisi dan ruang lingkup sekolah. Dan juga menerapkan teknologi halaman Web pada bidang penyampaian informasi.
1.4 Metode Penelitian
Pencarian data yang yang didapat dari sekolah seperti: Sambutan Kepala Sekolah, Profil Sekolah, Berita, Struktur Organisasi, Profil Siswa, Pengajar beserta Staff, Rencana Program, Fasilitas & Kegiatan, Prestasi, Photo, Weblinks dan Downloads. Penulis langsung observasi kesekolah tersebut, setelah melakukan observasi penulis mengumpulkan data-data yang akan dijadikan komponen-komponen untuk membuat suatu web sekolah.
Situs pembuatan Website SMA YPPD yaitu dengan mengunakan bahasa pemograman HTML,PHP & MY SQL dan aplikasi pendukung adalah JOOMLA 1.0.12.
HTML merupakan bahasa standar yang digunakan untuk dokumen www apikasi yang digunakan adalah Dremweaver 8.0, PHP (Personal Home Page) adalah bahasa pemograman script yang paling banyak dipakai saat ini, My Sql yaitu suatu database yang terkenal dalam menangani sebuah website. Joomla merupakan web berbasis Content Management System (CMS) dan bersifat opensource yang digunakan untuk membuat suatu tampilan menjadi menarik. Komponen-komponen standar / bawaan yang termasuk dalam file instalasi Joomla
3
yaitu yang dipakai dalam pembuatan web sekolah ini hanya Polls dan Search. Polls yaitu komponen yang berguna untuk menampilkan fasilitas voting atau jajak pendapat pada situs Joomla sedangkan Search berguna untuk mencari letak dari suatu komponen yang akan dicari. Setelah data-data terkumpul dan dijadikan suatu komponen maka akan dilakukan uji coba setelah uji coba berhasil maka proses selanjutnya adalah upload ke Internet.
Adapun aplikasi lainnya seperti: Photoshop CS3, Xampp 1.5.1, Css, Flash MX dan Filezilla. Photoshop adalah Sebuah software pengolah grafis yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan visual-visual yang menarik pada website yang akan dibuat, XAMPP adalah sebuah paket instalasi mudah Apache server yang sudah termasuk didalamnya yaitu PHP dan MySQL. Metode CSS adalah metode pengaturan tampilan web yang cenderung menghasilkan output program yang optimal. Flash MX merupakan bagian dari keluarga Macromedia yang digunakan sebagai aplikasi pembuat animasi, juga menyediakan berbagai macam tools dalam menggambar sebuah objek. Filezilla 3.0.9.1 adalah software opensource yang merupakan solusi dari FTP gratis.
1.5 Sistematika Tulisan Ilmiah
Sistematika penyajian dari penulisan ilmiah ini terdiri dari empat bab, setiap bab dapat terdiri dari beberapa sub-bab. Adapun sistematika penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :
BAB 1 PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan latar belakang dari SMA YPPD, ruang lingkup yang berisi Profil Sekolah, Sambutan Kepala Sekolah, Biodata Kepala Sekolah, Home, Struktur organisasi, Rencana program, Profil Siswa, Staff pengajar, Prestasi, Gallery photo, Fasilias dan Kegiatan, Berita, Guest book, Weblinks dan Downloads, tujuan penulisan pembuatan web, metode penelitian yang telah didapat Komponen-komponen, proses Uji coba dan terakhir proses Upload selanjutnya dan terakhir sistematika penulisan yang memberikan gambaran uraian penulisan yang terdapat dalam penulisan ilmiah ini.
4
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Bab ini berisikan penjelasan konsep-konsep dasar Internet dan bahasa HTML untuk pembuatan halaman Web dan bentuk dasar struktur navigasi.
BAB 3 ANALISA DAN HASIL PENELITIAN Bab ini berisikan pembahasan tentang langkah-langkah dan cara pembuatan sebuah halaman Web dimulai dari penulisan teks yang merupakan inti dari informasi, manipulasi/modifikasi halaman Web sampai dengan dipublikasikan di server Web.
BAB 4 PENUTUP Pada bab ini berisikan kesimpulan, dan saran-saran.

1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Joomla, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6081/1/PEMBUATAN%20SITUS%20WEB%20TOKO%20BUKU%20SOSIAL%20MENGGUNAKAN%20JOOMLA.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus