Histats.com © 2005-2010 Privacy Policy - Terms Of Use - Powered By Histats Hitoolbar Fee
Visit my awesome photo's galleries, click here
Tautan ke google.com silahkan klik disini
Your Ad Here

Minggu, Januari 03, 2010

Pemberian Nebulizer

1. Pengertian Nebulizer

Nebulizer adalah alat yang dapat mengubah obat yang berbentuk larutan menjadi aerosol secara terus- menerus dengan tenaga yang berasal dari udara yang dipadatkan atau gelombang ultrasonik.

1. Tujuan pemberian Nebulizer

Untuk mengurangi sesak pada penderita asma, untuk mengencerkan dahak, bronkospasme berkurang/ menghilang.

3. obat-obat Nebulizer:

1. Pulmicort: kombinasi anti radang dengan obat yang melonggarkan saluran napas
1. Nacl : mengencerkan dahak
2. Bisolvon cair : mengencerkan dahak
3. Atroven : melonggarkan saluran napas
4. Berotex : melonggarkan saluran napas
5. Inflamid :untuk anti radang
6. Combiven : kombinasi untuk melonggarkan saluran napas
7. Meptin : melonggarkan saluran napas.

Kombinasi yang dianjurkan:

* Bisolvon-Berotec-Nacl
* Pulmicort-Nacl
* Combivent-Nacl
* Atroven-Bisolvon-Nacl

2. Indikasi dan kontraindikasi Nebulizer:

* Indikasi Nebulizer:

Untuk penderita asma, sesak napas kronik, batuk, pilek, dan gangguan saluran pernapasan.

* Kontraindikasi Nebulizer:

Pada penderita trakeotomi, pada fraktur didaerah hidung.

5. Macam-macam Nebulizer:

* § Nebulizer mini

Adalah alat genggam yang menyemburkan medikasi atau agens pelembab, seperti agans bronkodilator atau mukolitik menjadi partikel mikroskopik dan mengirimkannya kedalam paru-paru ketika pasien menghirup napas.

* § Nebulizer nebulizer jet-aerosol

menggunakan gas bawah tekanan

* § Nebulizer ultrasonik

menggunakan getaran frekuensi-tinggi untuk memecah air atau obat menjadi tetesan atau partikel halus.

6. Cara pemberian Nebulizer

a. Persiapan alat :

1) Tabung oksigen lengkap dengan flowmeter, humidifier

2) Masker Nebulizer

3) Obat yang akan diberikan

4) Spuit 2 cc (sesuai dengan jumlah obat yang diberikan)

5) Alat tulis

b. Persiapan pasien :

* Menjelaskan prosedur yang akan dilakukan
o Menyiapkan lingkungan yang aman untuk klien dan memasang sampiran

c. Langkah- langkah :

* Memberi posisi yang nyaman pada klien
* Mengontrol flowmeter dan humidifier
o § Mencuci tangan
+ Menyambungkan masker nebulizer dengan tabung oksigen k/p dengan selang penghubung
o § Mengontrol apakah selang dan masker berfungsi dengan baik
+ Menghisap obat sesuai instruksi medik dan memasukkannya ke dalam tabung masker nebulizer
o § Memasang masker sesuai wajah klien
o § Mengalirkan oksigen sesuai indikasi medik
o § Mengevaluasi respon klien (pola napas)
o § Merapihkan pasien
o § Cuci tangan
o § Dokumentasi

- Jenis obat dan jumlah liter oksigen yang diberikan

- Waktu pemberian

- Reaksi pasien

d. Sikap

* Teliti
* Sabar
* Hati-hati
* Tanggap terhadap reaksi pasien

15 komentar:

  1. aku susah ya cari oabat bisolvon untuk nebulaizer minta bantuannya yaa........

    jenis obatnya gmn yaaa thanks

    BalasHapus
  2. anda sudah datang ke dokter atau apotik belum ?

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat, thx......

    BalasHapus
  4. saya mau tanya kalau kombinasi Bisolvon-Berotec-Nacl
    bisolvon ny brp tetes?
    berotec ny brp tetes?
    nacl ny brp tetes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending ke dokter mas.. tanta ma dokter supaya dosis nya tepat.. krn beda umur pastinya beda dosis.. kl dosis salah nanti malah kontradiktif lg, bkn menyembuhkan..

      Hapus
  5. buat perokok bisa kan????? soalnya saya perokok dan 2 bulan yg lalu dada saya sakit....iseng2 rongsen eh gak tau nya banyak flek di dalam dada saya....

    BalasHapus
  6. kalau menggunakan ventolin+Nacl boleh pa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyknya blh deh mba.. soalnya anak2ku kdg dikasih combivent, kdg dikasih ventolin ma dsa nya..

      Hapus
  7. kalau saya di rumah juga ada tabung oksigen untuk jagoanku. Sedih rasanya melihat si kecil udah pakai selang gitu

    BalasHapus
  8. waktu k rs pernah d nebulizer pake ventolin + Nacl +... ada satu lagi lupa, kira2 kl kombinasi itu satunya lagi apa ya? trs dosisnya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dosis tergantung umur deh kyknya.. anakku yg 5thn sama yg 1,5thn beda didosis gabungannya aja.. NaCl sama-sama 2,5cc.. tp combivent/ventolin nya yg besar 1 ampul, yg kecil 1/2 ampul..

      Hapus
  9. Kalo anakku yang 5 years old kombinasinya 2,5cc NaCl + 1 ampul Combivent/Ventolin. Kalo anakku yang 1,5 years old kombinasinya 2,5cc NaCl + 1/2 ampul Combivent/Ventolin. Kalo yang kecil, asmanya agak berat, biasanya combivent/Ventolin nya diganti Pulmicort.

    BalasHapus
  10. Thx for the info..

    BalasHapus
  11. boleh gak ya pake obat syrup buat nebulizer, kan sama - sama cairan, misalnya ambroxol syrup buat nebu,,,??? klo gk boleh, kenapa ya?

    BalasHapus