Histats.com © 2005-2010 Privacy Policy - Terms Of Use - Powered By Histats Hitoolbar Fee

Visit my awesome photo's galleries, click here
Tautan ke google.com silahkan klik disini
Your Ad Here

Senin, Mei 31, 2010

Tips Mengurangi Cedera Saat Olahraga

Berolahraga adalah cara yang paling benar untuk membuat tubuh kita memiliki bentuk proporsional. Tapi jika kita salah melakukan gerakan dan tidak mengerti bahasa otot, maka cedera menjadi trauma tersendiri bagi aktivitas fisik ini.

Untuk membuat tubuh kita jauh dari cedera, lakukanlah beberapa hal di bawah ini. Dan setelah itu, temukan kepuasan lain dari berolahraga.

Sebelum mulai berolahraga :
Konsultasilah pada dokter atau trainer olahraga. Mengapa? Karena kita sebagai orang awam, tidak paham bagian otot mana yang harus dibentuk terlebih dahulu yang disesuaikan dengan postur tubuh kita sekarang. Belum lagi jika kita memiliki penyakit tertentu, kita harus memilih olahraga yang tidak hanya aman bagi postur tubuh tapi juga bagi “kondisi” khusus tersebut.

Jangan tergesa-gesa. Sering kali, cedera dialami saat kita terlalu memaksakan satu gerakan. Karena itu, ikuti saja petunjuk dokter olahraga atau trainer kita. Mereka sudah paham betul mengapa satu gerakan dilakukan selama beberapa hitungan.

Ikuti teknik gerakannya :
Kuncinya adalah tidak menjadi orang yang sok tahu. Gerakan yoga misalnya, meski terlihat ringan tapi jika kita salah melakukan awalan maka yang ada kita justru menciderai otot. Jadi dengarkan setiap instruksi yang diberikan pelatih kita. Jika dirasa tidak bisa melakukannya, tanyakan pada pelatih kita alternatif gerakan.

Usai Olahraga :
Beri jeda antara satu gerakan latihan ke gerakan berikutnya. Karena bagaimana pun juga kita harus mendengarkan apa yang dikatakan tubuh kita. Bila rasa nyeri lebih sering muncul sepanjang latihan, lebih baik hentikan latihan. Dan untuk intensitas, tiga kali seminggu adalah waktu yang baik. Tapi jangan lakukan 3 hari berturut-turut, sebaiknya tubuh beristirahat 48 jam baru mulai latihan dengan gerakan baru. Strategi ini selain membuat otot-otot beristirahat, saat kita memulai latihan kembali maka kondisi tubuh siap untuk dibentuk kembali.

Lakukan relaksasi otot, apalagi ketika gerakan kita lebih banyak ditujukan untuk membentuk fisik tubuh. Setidaknya berikan 30 menit kelegaan bagi otot-otot kita setelah “ditarik” sana-sini. Jika tidak, keesokan harinya, yang kita rasakan hanyalah nyeri dan ini yang membuat kita jadi malas berolahraga.

Sumber : aries blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar